Periode Emas, 1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 Hari Pertama Kehidupan


Siapa yang tidak bahagia memiliki anak yang tumbuh dengan sehat dan cerdas. Menang dalam setiap kompetisi, memiliki nilai akademis di atas rata-rata, dan mampu berinteraksi dengan baik di lingkungan sosial. Semuanya tidak terlepas dari peran orang tua  memberikan perhatian lebih pada tumbuh kembang anak.

Sudahkah kita menyadari kapan waktu yang tempat dalam memberikan perhatian lebih pada tumbuh kembang anak?

1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan periode emas yang harus dimanfaatkan setiap orang tua. Mengapa? Karena di masa inilah terjadi penurunan status gizi anak. Menurut penelitian, penurunan status gizi yang paling tajam terjadi sampai usia 12 bulan, dan semakin melambat di usia 18-19 bulan. Dengan pemberian nutrisi yang baik di masa ini maka penurunan status gizi anak dapat dicegah lebih awal.

Adapun titik kritis yang perlu di perhatikan dalam periode pertumbuhan anak adalah

Saat dalam kandungan (280 hari)
Pada masa ini, ibu hamil harus makan makanan yang bergizi. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Rutin melakukan pemeriksaan hamil dan mendapat suplemen tambahan yang diberikan oleh tenaga kesehatan.

Umur 0-6 bulan (180 hari)
Inisiasi Menyusui Dini harus didapat setiap bayi baru lahir. Dukungan dalam pemberian ASI Ekslusif merupakan kunci sukses.

Umur 6-8 bulan (60 hari), umur 8-12 bulan (120 hari), dan umur 12-24 bulan (360 hari)
Sebagai orang tua kita harus mengetahui jenis dan frekuensi pemberian makanan yang tepat sesuai usia anak.

Disinilah kesempatan kita untuk memenuhi kecukupan gizi anak. Periode ini tidak akan datang dua kali, jadi harus kita manfaatkan sebaik mungkin.

Komentar

  1. bener bgt mba. 1000 hari pertama ini harus lebih care ya. investasi orang tua itu mestinya ya di waktu ini, agar kelak anak2 tumbuh lebih baik., :-)

    BalasHapus
  2. setuju mba ira..anak sehat dan cerdas dambaan orang tua ^^

    BalasHapus

Posting Komentar