Dya Loretta, Membangun Personal Branding Para Blogger


Saya dan Dya Loretta dalam acara workshop tentang personal branding

Berbicara mengenai brand tentu tidak lepas dari yang namanya identitas, baik itu identitas diri seseorang maupun sebuah barang. Namun, apa yang menarik dari kata ‘brand’ itu sendiri? Seberapa besarkah pengaruhnya bagi si pemilik brand atau pun bagi lingkungan masyarakat?

Akhir pekan lalu, Sabtu ( 16/4 ), saya mendapat kesempatan mengikuti workshop yang diadakan Forum Liputan 6 SCTV  dalam ajang Community Meet Up bersama Komunitas Blogger Crony. Acara diadakan di lantai 14 gedung SCTV. Tepatnya, di sebuah ruangan kaca yang bersebelahan dengan ruang redaksi yang penuh dengan layar kaca disana sini. Para anggota Blogger Crony terlihat sangat antusias mengikuti workshop ini.

Yah, walaupun lokasinya jauh, tapi saya tetap semangat untuk bisa hadir. Suami dan anak, Abang Gio, pun bersemangat menemani Bunda nya yang sedang butuh ilmu. Bagaimana tidak, beberapa hari sebelum acara diadakan, saya sudah terbayang-bayang akan materi yang hendak dibagikan. Brand You And Your Blog. Adalah materi yang mampu membuat saya penasaran. Bagi seseorang yang baru menekuni aktivitas nge-blog (baca:blogger pemula), tentu ini menjadi modal dasar yang harus saya ketahui.

Dya Loretta, seorang Dosen Komunikasi dan Marketing Communication Ekspert, menjadi narasumber dalam workshop hari itu. Beliau juga seorang penulis buku It’s Me! Superbrand Diri Untuk Jadi Beda. Dya Loretta juga sering diundang untuk menjadi pembicara mengenai personal branding di beberapa komunitas.


Dya Loretta Berbagi Ilmu Di Gedung SCTV Lantai 14


Menurut Dya Loretta, personal branding yaitu diri pribadi dengan segala kekuatan dan keunikan diri yang memiliki nilai dan meraih hati khalayak dengan harapan untuk mendapat pengakuan secara positif. Artinya, kita ingin seperti apa masyarakat mengenal kita. Tentu kita sendirilah yang menciptakan ‘sesuatu’ untuk bisa diakui di masyarakat, yaitu dengan menghadirkan keunikan diri kita.

Sama halnya saat berkenalan dengan orang baru. Dalam pikiran kita pasti akan muncul pertanyaan, ‘Siapa dia?’ dan ‘Apa yang menarik dari dirinya?’. Kesan yang muncul dalam pertemuan itulah yang akan dijadikan sebagai identitas. Dan selanjutnya, identitas akan terekam dalam ingatan.
Abang Gio Berkenalan Dengan Mba Dya Loretta

Abang Gio Berkenalan Dengan Mas Satto Raji, Founder Blogger Crony Community

Personal Branding Dan Blogger
Identitas seorang blogger terlihat dari kualitas konten yang dimiliki. Yaitu,  blogger dikenal dari tulisan yang ditampilkan. Apa yang dituangkan dalam media sosial mencerminkan diri pribadi. Selain itu, ciri khas dalam penyampaian informasi atau pemilihan kata akan menjadi sesuatu yang dikenal oleh pembaca.

Selfie. Blogger suka selfie? Harus, dong! Ini adalah tuntutan pekerjaan. Upss, lebih tepatnya, tuntutan untuk cara membranding diri. Selain pilihan kata yang digunakan, blogger juga dikenal dari penggunaan gambar yang mampu menarik perhatian.

Misalnya, seorang blogger yang suka berpetualang dan berbagi kisah perjalanannya. Ia akan mengabadikan setiap tempat yang dikunjungi lewat tulisan. Foto-toto selfie yang dibagikan dalam blog menjadi pendukung informasi yang diberikan. Menampilkan foto dan pengalaman pribadi tentang kisah perjalanan secara konsisten ini akan membentuk sebuah brand blogger itu sendiri. Traveller blogger, dengan segala keunikan yang dimilikinya.

Untuk membangun personal branding dapat dimulai dengan mempersiapkan diri mau dikenal seperti apa. Personal branding dapat dibangun dengan mencari sisi kekuatan diri yang kita ketahui. Kemudian minta orang lain untuk mencari sisi kekuatan diri kita yang mereka ketahui. Apa yang menjadi kekuatan kita akan terlihat jelas, dan itulah yang akan menjadi personal brand kita.

Fokus!
Di akhir materi, Mba Dya Loretta berbagi kunci keberhasilan dalam membangun personal branding. Fokus! Terus kembangkan, semakin komunikasikan diri dan ciptakan citra diri yang baik juga. 
Materi Personal Branding Mba Dya Loretta Dalam Forum Liputan6.com
Bertumbuh bersama Blogger Crony Community menjadi kebanggaan tersendiri. Thanks to Mba Dya Loretta atas ilmunya, buat Liputan6.com yang sudah kasih kesempatan emas ini. Juga buat suami dan putraku yang bersedia menemani langkah Bundanya menjadi ibu yang kreatif.
Keluarga Blogger Crony Bersama Dya Loretta Dalam Forum Liputan6.com


Komentar